geoxile

Sabtu, 15 Juni 2013

Rendang Makanan Khas Minangkabau Sumatra Barat

Pasti tau dong sama makanan satu ini? Yups rendang. Ini adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau, Sumatra Barat. Dalam bahasa Minang adalah “Randang” . sudah banyak diketahui dan pastinya sudah tersebar di seluruh Indonesia bahkan di luar negri.


Sumber Gambar : dadangherdiana.

Rendang terbuat dari daging yang merupakan masakan tradisional yang bersantan dan kaya akan rempah-rempah . Masakan ini asli dari provinsi Sumatra Barat memang sangat digemari dikarenakan citarasa yang pedasnya itu digemari oleh seluruh kalangan masyarakat.
Bahkan pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan terlezat dunia) yang digelar oleh CNN International.  
Rendang memiliki filosofi tesendiri bagi masyarakat Minang, Sumatra Barat lho. Filosifinya adalah Musyawarah dan mufakat, Arti dari itu didapatkan dari emapat bahan pokok rendang tersebu yaitu :
  1. Dagiang (daging sapi) ini merupakan lambang dari “Niniak Mamak” (Para pemimpin Suku adat)
  2. Karambia(Kelapa) Merupakan lambang “Cidiak Padai” (Kaum Intelektual).
  3. Lado (cabai), merupakan lambang ”Alim Ulama” yang pedas, tegas untuk mengajarkan syariat agama.
  4. Pemasak (bumbu) yang merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minangkabau.

Rendang merupakan hidangan wajib yang disajikan dalam setiap acara istimewa bagi masyarakat Minangkabau seperti berbagai upacara adat Minangkabau, kenduri, atau menyambut tahun kehormatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar